Wanda Dwi Ramadhan

AKS0 2014, Fakultas Vokasi , Universitas Airlangga

Waktu

Pendahuluan dan Kedudukan Pengadilan Pajak

diposting oleh wandadr-vokasi14 pada 09 June 2017
di Kuliah - 0 komentar

Dasar hukum pengadilan pajak -> UU NOMOR 14 TAHUN 2002

1. Pendahuluan

- Sengketa pajak adalah sengketa yang timbul dalam bidang perpajakan antara wajib pajak atau penanggung pajak dengan pejabat yang berwenang sebagai akibat dikeluarkannya keputusan yang dapat diajukan banding atau gugatan kepada pengadilan pajak berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan , termasuk gugatan atas pelaksanaan penagihan berdasarkan undang-undang penagihan pajak dengan surat paksa.

- banding adalah upaya hukum yang dapat dilakukan oleh wajib pajak atau penanggung pajak terhadap suatu keputusan yang dapat diajukan banding, berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku.

- gugatan adalah upaya hukum yang dapat dilakukan oleh wajib pajak atau penanggung pajak terhadap keputusan yang dapat diajukan gugatan berdasarkan peraturan perundangundangan perpajakan yang berlaku.

- surat uraian banding adalah surat terbanding kepada pengadilan pajak yang berisi jawaban atas alasan banding yang diajukan oleh pemohon banding.

- surat tanggapan adalah surat dari tergugat kepada pengadilan pajak yang berisi jawaban atas gugatan yang dilakukan penggugat.

- surat bantahan adalah surat dari pemohon banding atau penggugat kepada pengadilan pajak yang berisi bantahan atas surat uraian banding atau surat tanggapan.

 

2. Kedudukan dan tempat kedudukan

- Pasal 2

pengadilan pajak adalah badan peradilan yang melaksanakan kekuasaan kehakiman bagi wajib pajak atau penanggung pajak yang mencari keadilan terhadap sengketa pajak.

- Pasal 3

Pengadilan pajak yang berkedudukan di ibukota negara.

- Pasal 4 

1. sidang pengadilan pajak dilakukan ditempat kedudukannya dan apabila dipandang perlu dapat dilakukan ditempat lain

2. tempat sidang sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 ditetapkan oleh ketua

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    57.757