Wanda Dwi Ramadhan

AKS0 2014, Fakultas Vokasi , Universitas Airlangga

Waktu

Strategi Pengembangan UKM

diposting oleh wandadr-vokasi14 pada 30 April 2016
di mahasiswa - 0 komentar

Strategi Pengembangan UKM , terdiri dari beberapa aspek:

1. strategi produk

2. strategi harga

3. strategi tempat

4. strategi promosi

Hasil gambar untuk UKMHasil gambar untuk UKM

 

- Stratei membangun produk

Mengembangkan ide produk: produksilah produk-produk yang telah ada sekarang dan sesuaikan dengan kebutuhan konsumen (lokal, regional, nasional dan internasional)

Mendahulukan produk yang memiliki pasar (niche product): membandingkan antara keuntungan dan biaya yang dikeluarkanMengembangkan produk-produk baru yang dipelajari dari reaksi konsumen over time

Spesialisasi dalam menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan kosentrasi hanya pada proses produksi. Sementara itu, dari aspek penjualan diserahkan kepada pihak ketiga (pedagang, perusahaan besar dsb)

-Strategi Tempat

Kemudahan Infrastruktur: jalan, listrik, dan telekomunikasi

Berdekatan dengan Pelanggan, SDM  dan bahan baku produksi: kosentrasi populasi

Kemudahan Transportasi: ketersediaan angkutan umum

Penyediaan tempat khusus bagi memasarkan  produk-produk UKM oleh Pemerintah

-Strategi Promosi

Menggunakan metode individual firm dan berkelompok

Membangun trading house oleh swastaMenangkap outsourcing dan membangun networking

Menyelenggarakan pameran ditingkat lokal, regional, nasional dan internasional secara konsisten dari aspek waktu dan penyelenggaraannya

Memaksimumkan penggunaan Information and Communication Technology (ICT)

-Strategi Harga

Penentuan harga berdasarkan biaya produksi (cost accounting + profit)

Penentuan harga sesuai dengan harga yang diberlakukan kompetitor

Penentuan harga berdasarkan demand driven price

Penentuan harga berdasarkan diskriminasi antar kemampuan pasar

 

Referensi : Bahan Ajar Ir. Teguh Utomo M.T

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   ">
   

Pengunjung

    56.375