Wanda Dwi Ramadhan

AKS0 2014, Fakultas Vokasi , Universitas Airlangga

Waktu

Sejarah Prodi D3 Akuntansi

diposting oleh wandadr-vokasi14 pada 08 July 2015
di Kurikulum - 0 komentar

Sejarah Program Studi

       Berdasarkan keputusan direktur jenderal pendidikan P & K No. 21/ Sat/Kep/1972 tentang penyelesaian (phasing out) dari akademi-akademi A.A.N.N, A.T.N., A.B.A., dan A.P.P.S. dan hasil perumusan satuan tugas khusus/ rapat dinas antar Dekan Fakultas Ekonomi seluruh Indonesia dengan Dirjen Pendidikan P & K maka tahun kuliah 1974 Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga telah menyelenggarakan kuliah-kuliah, ujian-ujian dan penyelesaian skripsi-skripsi untuk A.A.N.N (Akademi Administrasi Niaga Negeri) bertempat di Fakultas Ekonomi (di waktu sore).
Pada tanggal 18 Maret 1975, dikeluarkanlah SK Menteri P & K No. 042/ U/ 1975, yang ditandatangani Sjarif Thayeb tentang Pembentukan dan Pengembangan Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan (PAAP) Pada Universitas NegeriInstitut Negeri sebagai tindak lanjut daripada pelaksanaan phasing-out Akademi Administrasi Niaga Negeri. PAAP bertujuan untuk menghasilkan lulusan tenaga semi profesionalyang mempunyai keahlian dan dapat menerapkan keterampilan sesuai bidang masing-masing.
Dalam rangka membantu program pemerintah untuk pendidikan tenaga terampil tingkat tinggi dalam bentuk Pendidikan Ahli Teknik dan Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan (PAAP) sesuai SK tersebut diatas maka untuk yang pertama kalinya di Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga melaksanakan PAAP, dan perkuliahan pertama kalinya dilaksanakan tanggal 21 Juli 1975. Program PAAP yang diselenggarakan pada awal berdirinya ialah jurusan Akuntansi.

Perkembangan Program Studi

       Seiring dengan perkembangannya, PAAP Universitas Airlangga berdasarkan SK Rektor No. 4321/PT03.1/I/1985 tanggal 5 Juni 1985 dibentuklah beberapa sub-program yang terdiri dari sub program: D-III Akuntansi, D-III Perpajakan, dan D-III Manajemen Pemasaran. Selanjutnya berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud No.31 DIKTI/Kep/1989 tertanggal 15 Maret 1989 PAAP secara resmi dirubah namanya menjadi Program Studi DIII Akuntansi, dan berada pada Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga, dan merupakan program studi yang berada pada jurusan Akuntansi. Pada tahun 2014, pengelolaan program studi Diploma III Akuntansi berada di bawah naungan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, hal inidikarenakan adanya perubahan pengelolaan bahwa semua program studi diploma di lingkungan Universitas Airlangga, pengelolaannya dijadikan satu dengan membentuk Fakultas Vokasi Universitas Airlangga.
       Sesuai dengan peraturan pemerintah, bahwa untuk menjamin kualitas suatu program studi haruslah memiliki akreditasi, maka untuk pertama kalinya program studi D-III Akuntansi mengajukan proses akreditasi, dan langsung memperoleh akreditasi A dari BAN PT berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional No. 001/BAN-PT/Ak-VI/Dpl-III/I/2007, dengan masa berlaku 13 Januari 2007 sampai 13 Januari 2012. Pada saat ini program studi Diploma III Akuntansi tetap memperoleh akreditasi A berdasar SK Badan Akreditasi Nasional No. 013/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/VI/2012, dengan masa berlaku 29 Juni 2012 sampai 29 Juni 2017.

Tujuan Prodi

Menghasilkan sumberdaya manusia yang mempunyai pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai tenaga ahli madya yang kompeten, profesional, bermoral agama yang mampu bekerja di bidang akuntansi dengan penuh integritas.

 

Profil Lulusan

Lulusan program studi Akuntansi memiliki peran dan ciri yaitu: 1) Teknisi, 2) Analis,  3) Supervisor

1. Teknisi

Memiliki kemampuan sebagai teknisi dalam bidang akuntansi dikarenakan dibekali kemampuan dan keterampilan teknis menyajikan laporan keuangan melalui proses akuntansi berdasarkan prinsip-prinsip akuntansi yang berterima umum untuk perusahaan jasa, dagang maupun manufaktur termasuk memahami konsep dasar bisnis & manajemen.

2. Analis

Memiliki kemampuan sebagai analis dikarenakan dibekali kemampuan memilih dan menggunakandata-data keuangan dan menganalisisnya sebagai dasar dalam pengambilan keputusan.

3. Supervisor

Memiliki kemampuan sebagai supervisor dikarenakan dibekali kemampuan untuk mengorganisasi team kerja dan bertanggung jawab atas hasil kerja.

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Pengunjung

    58.605